Air Terjun Menanga Lebari dan Terjun Gaib (Rongkas), Wisata Air Terjun yang sangat cocok bagi Petualang Sejati

 Terjun Menanga Lebari  dan Terjun Gaib (Rongkas) berlokasi di Desa Santong. Lokasi ini merupakan daerah pegunungan, tepatnya di kaki gunung Slempo  yang berdekatan dengan Gunung Sempekat dan satu arah dengan terjun Sampurarung (Cemara Slolo) di . Terjun Menanga Lebari  dan Terjun Gaib (Rongkas) ini berjarak sekitar 10 km dari Desa Santong dan dikelilingi oleh Gunung Sempekat dan Lendang Penyeranan.


Saat ini, Santong sudah mengalami banyak kemajuan, mulai dari adanya pasar mingguan, pusat pertanian dan perkebunan, pusat ekonomi menengah, pengembangan tumbuhan Cengkeh dan memiliki gedung bulu tangkis serta lapangan sepak bola. Selain itu, di daerah Santong juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain itu, terdapat beberapa wisata air terjun yang sudah terkenal, diantaranya adalah Terjun Menanga Lebari dan Terjun Gaib (Rongkas) ini.



Lokasi

Air Terjun Menanga Lebari dan Terjun Gaib (Rongkas) berlokasi di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara NTB. Tempat wisata ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 6-8 jam tracking, dan aksesnya juga sangat menantang bagi pecinta extrime tack. Dari Mataram, pilihlah arah Tanjung-Bayan kemudian di pertigaa Kayangan pilihlah jalur Santong. Dari gerbang masuk ke terjun Tiu Teja ambilah jalan lurus ke arah Terjun Sekeper. Setelah melakukan perjalanan selama 5 jam, anda akan menemukan pertigaan yang menuju Terjun Sampurarung (Cemara Slolo) lurus, dan Terjun Menanga Lebari ke arah kanan.






Sejarah Air Terjun Menanga Lebari dan Terjun Gaib (Rongkas)

 Terjun Menanga Lebari

 Terjun Gaib (Rongkas)

Mulanya, lokasi kedua Air Terjun ini sangat tersembunyi. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus berjalan kaki sejauh 10 km. jalurnya lumayan extrime, ada tebing yang dinamakan Tangga oleh orang asli sana yang mampu membuat Anda merasa tertantang jika memang Anda berjiwa petualang, terjun ini pertama kali ditemukan oleh orang asli Sesait yang sedang mengais rizki, secara kebetulan petunjuk alam mengarahkan mereka harus menyusuri tebing demi tebing yang akhirnya menemukan terjun ini. 

Keindahan Air Terjun Menanga Lebari dan Terjun Gaib (Rongkas)


Air Terjun Menanga Lebari dan Terjun Gaib (Rongkas) ini belum beroprasi secara aktif, namun bagi para pengunjung yang berminat dan ingin menguji adrenalinnya,  bisa menghubungi rekan kami langsung. Untuk menikmati keindahan air terjun ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar 3.000 Rupiah, biaya parkir sebesar 5.000 Rupiah, biaya Guede= 150.000+porter=200.000/orang . Oh ya, perlu Anda tahu bahwa tiket Wisata Air Terjun ini  hanya dijual di loket gerbang masuk. Bila Anda menemukan lokasi lain yang meminta pungutan tiket masuk jangan dibayarkan karena pungutan tiket tersebut diduga sebagai pungutan liar yang dilakukan oleh warga sekitar.

Setelah membayar uang tiket di pintu gerbang, Anda masih harus melakukan perjalanan lagi dengan kondisi jalan yang tidak terlalu baik. Selama melakukan perjalanan dari gerbang utama menuju lokasi air terjun tersebut, Anda akan disuguhi dengan keindahan beberapa terjun seperti Terjun Tiu Teja, Terjun Jembatan Kembar, Terjun Sekeper, dan terjun-terjun yang lain jika waktu memadai.

Air Terjun Menanga Lebari memiliki ketinggian sekitar 65 meter dan Terjun Gaib (rongkas) sekitar 100 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Untuk menuju air terjun tersebut, Anda hanya perlu menyusuri hutan dan melewati beberapa anak kali. Di sekitar terjun tersebut terdapat lokasi yang sangat strategis untuk mengadakan soft camp.

Tidak dianjurkan bagi para pengunjung yang belum terbiasa dengan extrime track,

 

 




Flag Counter