Lebaran Adat Masyarakat Adat Bayan

Lebaran Adat / Lebaran Tinggi Masyarakat Adat Karang Bajo

Lebaran Idul Fitri adalah salah satu hari yang paling di nanti oleh semua Muslim di Dunia. Dimana pada hari itu semua Muslim berkumpul di Masjid, Musalla, Surau atau tempat-tempat lapang untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri untuk kemudian silaturahim kepada sanak keluarga, kerabat, handai taulan.
.
Jika pada umumnya penyelenggaraan Lebaran Idul Fitri di adakan tanggal 1 Syawal pada setiap tahun hijriah, hal ini akan sedikit berbeda dengan Lebaran Idul Fitri yang di laksanakan masyarakat adat Karang Bajo di kecamatan bayan Lombok Utara, mereka menyebutnya Lebaran Tinggi atau Lebaran Adat. Masyarakat Adat Karang Bajo melaksanakan lebaran Tinggi 3 hari setelah lebaran Idul Fitri yang dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 4 dan 5 syawal pada setiap tahun Hijriah. Yang unik dari ritual adat Lebaran Tinggi yaitu jika pada umumnya lebaran dilaksanakan oleh semua elemen mulai dari orang tua, pemuda, Pria, Waniata sampai kepada anak-anak, hal itu akan jauh berbeda dengan pelaksanaan Ritual Lebaran Tinggi dimana dalam pelaksanaannya hanya di lakukan oleh Kyai Adat saja di Masjid Kuno Bayan.
.
Pada tahun ini pelaksanaan Ritual Adat Lebaran Tinggi akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada :

Tanggal 09 Juli 2016
 Pada hari pertama Mereka menyebutnya hari Kayu Aiq atau Hari Persiapan, dimana pada hari ini Mereka mempersiapkan semua kebutuhan untuk pelaksanaan Ritual Adat Lebaran Tinggi.

Tanggal 10 Juli 2016
Hari kedua mereka menyebutnya Jelo Gawe atau Puncak Acara. Jika hari pertama itu merupakan hari persiapan untuk melaksanakan Ritual Lebaran Tinggi maka pada hari ini mereka melaksanakan Ritual Adat Lebaran Adat dan biasanya akan berakhir pada sore hari.


Flag Counter