Air Terjun Tiu Candi Batu The Twin Soldier dari Timur Lombok Utara

Air Terjun Tiu Candi Batu
Terletak di ujung timur wilayah perbatasan antara Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur. Tepatnya di Desa Sambik elen Kecamaatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Nama Tiu Canti Batu sendiri di ambil dari nama batu yang terletak di atas air terjun tersebut yang kuatnya seperti si Thor dan Hulk dalam tokoh super hero Marvel yang mampu menahan hempasan air Bah saat hujan lebat ataupun terjangan lahar dingin dari Gunung Rinjani. jarak Gunung Rinjani sendiri sekitar 12 jam perjalanan dengan soft tracking dari Desa tersebut (cukup dekat ya).



Keunikan lain yang dimiliki Air Terjun ini yaitu merupakan air terjun kembar setelah air terjun tiu teja di desa Santong Lombok Utara, memiliki kolam alami dari batu alam tepat diatas air terjun ini sekitar 15 Meter (eit jangan salah kaprah dulu, kolamnya aman kok untuk berenang). Tepat diatas kolamnya ada perosotan seperti di Dufan Jakarta yang tentunya masih alami, Air terjun ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 20 Meter. selain hal tersebut keunikan lain yang tidak kalah penting yaitu Air pada Air terjun ini mengandung Air Belerang yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan bagi anda yang memiliki penyakit kulit mungkin bisa menjadi salah satu tujuan anda berikutnya di akhir pekan.

Perosotan Tiu Candi Batu
Kolam Tiu Candi Batu

 Bagaimana Cara kesini ?
.
Ada dua opsi jalur menuju kesini
1. Dari Kota Mataram -  Sembalun Lombok Timur.
2. Dari Kota Mataram - Tanjung Lombok Utara.

Masih bingung ?

Aku perjelas deh,
1. Jalur pertama dari sembalun Lombok timur, Anda Ambil Jalur dari Kota Mataram menuju jalur Lombok Timur, dari Lombok Timur anda mengambil jalur ke Sembalun, dari sembalun anda belok arah ke Utara menuju Kantor Desa Sambik Elen.
.
2. Jalur kedua dari Kota Mataram - Tanjung Lombok Utara, anda ambil arah menuju Tanjung Lombok Utara yang kemudian melanjutkan perjalanan ke arah timur ke arah Masjid Kuno Bayan, dari Masjid Kuno Bayan anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Kantor Desa Sambik elen. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Kantor Desa Sambik elen sekitar 2 jam. Jarak dari Kantor Desa menuju lokasi parkir sekitar 500 meter dengan jarak tempuh sekitar 15-20 menit. Sedangkan waktu tempuh untuk sampai ke Lokasi Air terjun sekitar 7 menit saja.

Bisa kah kami datang menggunakan kendaraan umum  dan baagaimana track nya?
.
Sangat bisa, track nya di mulai dari Kota Mataram, anda cari kendaraan umum (Engkel) di Stasiun Bertais Sweta atau menunggu Engkel di perempatan Rembiga yang trayek Engkel yang ke Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan.

Bagaimana dengan Akses Masuk ?
.
Bagi anda yang menggunakan sepeda motor, anda tidak perlu khawatir karena pengelola air terjun ini sudah menyediakan tempat parkir dengan biaya IDR 2.000. Sedangkan bagi anda yang menggunakan Roda empat (mobil) anda bisa menggunakan jasa ojek dengan dengan ongkos IDR 15.000 - 20.000 tergantung cara anda "beregak" (negosiasi).
.

Tunggu apa lagi ayo berkunjung mumpung masih alami Destinasinya dijamin betah disini. 


14 komentar

Nyuruhuhuhuhu... tempatnya bagus gan :3
Ajak gue dong :3

Balas

mari berkunjung, Mau BW nih
link blog anda mana ?

Balas

wah mantabp gan. kapan ngajak ane kesana wkwkw

Balas

nunggu si Hulk berkunjung dulu bang, jejak link blog kau dulu hahah

Balas

gan cara bikin gambar di artikel kiri kanan gitu gmn ya? :) thanks

Balas

tempat wisata indonesia mantap mantap

Balas

atur align nya bang
di kode html nya

Balas

iya bang
Indonesia makin keren aja destinasi wisatanya

Balas

keren bener dah

Balas

terimakasih sudah mampir bang

Balas

ternyata di lombok juga ada wisata yang ga kalah keren, thanks info nya

Balas

amin bang, mudahan niat baik itu bisa terealisasi

Balas

iya bang, kami sangat senang mendengan kata2 keren tersebut

Balas

Lombok cakep bangeeeeeeeeeeeeet

Balas
Flag Counter